Tahap-Tahap Proses Air Ionisasi dan Pengertiannya Dari Segi Medis

Pengertian Air Ionisasi

Ionisasi secara umum dapat diartikan sebagai proses fisik mengubah molekul atau atom menjadi ion dengan mengurangi atau menambahkan partikel bermuatan, misalnya elektron atau lain sebagainya.

Air hasil ionisasi merupakan hasil dari proses elektrolisis, sehingga air yang dihasilkan memiliki kandungan antioksidan yang kuat, berpartikel mikro dan pH Alkali.

Setelah melalui berbagai macam eksperimen, akhirnya ditemukan bahwa air yang diinosiasi memiliki sifat non toksik yang dapat mengatasi berbagai penyakit pada orang dewasa. Bahkan air ionisasi telah diakui oleh Kementerian Kesehatan dan Rehabilitasi Pemerintah Jepang sebagai alat pengobatan dan kesehatan.

Dibawah ini merupakan beberapa metode dasar yang sering digunakan pada teknologi filter air dan ionisasi.

 

Karbon Aktif

Aktif karbon dalam filter air

watertechonline.com

Filter karbon sangat beragam dari segi efektivitasnya, ada yang hanya meningkatkan rasa serta bau dan menghilangkan klorin, ada juga yang mampu menghilangkan bermacam jenis kontaminan seperti VOC, asbes, merkuri dan timbal.

Filter karbon aktif terbagi menjadi dua jenis, yaitu karbon pasir dan karbon blok.

Karbon blok dibentuk melewati proses pembentukan menjadi blok di bawah tekanan tinggi. Biasanya karbon blok akan lebih efektif daripada pasir filter, disebabkan ia memiliki permukaan yang lebih luas.

Sedangkan karbon pasir memiliki kandungan butiran halus karbon aktif. Jika dibandingkan dengan blok filter karbon, jenis filter ini kurang efektif karena luas permukaan karbon lebih kecil.

 

Filter Keramik

Filter keramik

dhgate.com

Filter ini memiliki lubang-lubang yang kecil di semua permukaan materi filter. Fungsinya untuk mencegah kontaminan padat seperti sedimen dan kista supaya tidak bisa melewati filter. Adapun kekurangan dari filter ini ialah tidak bisa menghilangkan jenis kontaminan kimia.

 

Filter Mekanik

Filter mekanik

creativity-online.com

Filter ini hampir mirip dengan filer keramik, dimana filter mekanik dipenuhi dengan lubang-lubang kecil yang berguna untuk menghilangkan kontaminan, seperti halnya sedimen dan kista dari air yang juga tidak bisa menghilangkan kontaminan jenis kimia ini.

 

Filter Ozon

Filter ozon

trustifiltor.com

Filter ozon sering dipakai untuk tambahan pada teknologi penyaringan, karena dapat membunuh mikroorganisme dan bakteri lain. Filter ini juga tidak efektif dalam hal mengurangi kontaminan kimia.

 

Reverse Osmosis

Reverse osmosis

whitewaternow.com

Filter ini sangat bergantung pada membran semipermeabel. Dimana digunakan untuk menahan partikel dari molekul air yang lebih besar.

Reverse osmosis bisa menghilangkan kontaminan lebih banyak, yang tidak bisa dihilangkan oleh filter jenis karbon. Termasuk seperti fluoride, arsenik, perklorat, hexavalent chromium dan nitrat.

Kualitas filter ozon sangat bervariasi, mulai dari segi sistem membran dan filter karbon yang digunakan. Jika menggunakan proses ini bisa menggunakan banyak air setidaknya 3 sampai 20 kali lebih banyak, dengan hasil akhirnya yang lebih sedikit.

Oleh karena itu hasil dari proses ini hanya bisa digunakan untuk memasak air dan minum.

 

UV Filter (ultraviolet)

Ultar violet filter

readyplanet.com

Sesuai dengan namanya proses filternya menggunakan sinar ultraviolet untuk menghilangkan bakteri dan mikroorganisme lainnya, akan tetapi tida bisa menghilangkan kontaminan.

 

Water Softener

Water softener

thewatersoftener.com

Proses filter ini menggunakan pertukaran ion untuk menurunkan tingkat magnesium dan kalsium dan bisa juga untuk menurunkan kadar barium dari molekul radium.

Filter pelunak air tidak bisa menghilangkan kontaminan secara keseluruhan. Filter ini hanya bisa menghilangkan magnesium dan partikel kalsium serta menggantinya dengan sodium.

Oleh karena itu, air yang disaring dari filter ini memiliki banyak kandungan sodium yang tinggi.

Sehingga orang-orang yang memiliki penyakit tertentu tidak disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi air dari filter ini. Dan juga tidak cocok digunakan untuk menyiram tanaman.

Leave a Reply